Sekda Muara Enim Ikuti Webinar Optimalisasi Penyaluran KUR Khusus Klaster dari Desa
0 Komentar 95 pembaca
Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim, Ir. H. Hasanudin, M.Si., bersama para kepala perangkat dinas/instansi Pemerintah Kabupaten Muara Enim, siang tadi (08/07) mengikuti web seminar (Webinar) mengenai langka Optimalisasi Penyaluran KUR Khusus Klaster di setiap provinsi yang diselenggarakan oleh Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI.

Sekda Muara Enim Ikuti Webinar Optimalisasi Penyaluran KUR Khusus Klaster dari Desa

Ekonomi

Muara Enim, https://www.humaspro.muaraenimkab.go.id -- Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim, Ir. H. Hasanudin, M.Si., bersama para kepala perangkat dinas/instansi Pemerintah Kabupaten Muara Enim, siang tadi (08/07) mengikuti web seminar (Webinar) mengenai langka Optimalisasi Penyaluran KUR Khusus Klaster di setiap provinsi yang diselenggarakan oleh Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI.

Webinar yang dilaksanakan secara virtual ini diikuti oleh 58 peserta perwakilan masing-masing provinsi/kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Dalam penyampaiannya Asisten Deputi Pasar Modal dan Lembaga Keuangan, Kemenko Perekonomian, Gede Edy Prasetya mengatakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) berbasis klaster adalah pemberian modal kepada badan usaha arau kelompok usaha yang produktif dan belum memiliki anggunan tambahan, diberikan kepada kelompok yang dikelolah secara bersama dalam bentuk klaster dengan menggunakan mitra usaha, dengan sasaran UMKM di indonesia yang berjumlah 64,19 Juta. Lebih lanjut Gede Edy Prasetya menjelaskan pandemi Covid-19 sangat berdampak bagi UMKM di Indonesia hampir semua mengalami penurunan penjualan mencapai 36,7℅, dan kebanyakan UMKM mengalami kendala pembayaran kredit dan ketersediaan bahan baku, untuk itu hadirnya KUR berbasis klaster bisa menimalisir penurunan tersebut karena berkelompok (klaster) dan efesien untuk perekonomian.

Kepala Bidang Perbankan, Kemenko Perekonomian RI, Eni Widiyanti mengatakan penyaluran KUR Klaster di Wilayah Sumatera masih terbilang sangat minim, wilayah Jawa berada diposisi pertama penyaluran KUR dengan persentase 54,65℅ atau Rp. 294 Triliun, sedangkan Sumatera diposisi kedua dengan persantase 20,34% atau Rp. 109 Triliun. Ditambahkannya bahwa penyaluran KUR Klaster dari desa sangat penting demi mengoptimalkan potensi keunggulan khususnya di Wilayah Sumatera.

Turut hadir pada vidcon Direktur IKM Pangan, Barang dari Kayu dan Furniture, Kementerian Industri, Ir. Sri Yuniarti, M.Si., Executive Vice Presiden Micro Sales Management Decision PT. Bank Rakyat Indonesia, Made Antara Jaya.

#muaraenimuntukrakyat
#muaraenim

Author

Humpro Muara Enim
Profil Humpro Muara Enim

Humpro Muara Enim Adalah Portal Web Hubungan Masyarakat Dan Protokol Kabupaten Muara Enim yang bertujuan menyajikan informasi berita seputar Pemerintahan Kabupaten Muara Enim 

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top