Plt. Bupati Muara Enim Pastikan Kesiapan Muara Enim Dalam Penanganan Wabah Covid-19
0 Komentar 142 pembaca
Petang tadi (31/03) seusai memimpin apel gabungan penyemprotan disinfektan secara masif pada pagi harinya, Plt. Bupati Muara Enim, H. Juarsah, S.H untuk kesekian kalinya menggelar rapat khusus bersama jajarannya membahas kesiapan penanganan wabah Covid-19 di Kabupaten Muara Enim. Pembahasan rapat kali ini difokuskan pada mengantisipasi dampak terburuk (ekstrim) yang mungkin saja sewaktu-waktu dapat terjadi.

Plt. Bupati Muara Enim Pastikan Kesiapan Muara Enim Dalam Penanganan Wabah Covid-19

Kesehatan

Muara Enim, https://www.humaspro.muaraenimkab.go.id -- Petang tadi (31/03) seusai memimpin apel gabungan penyemprotan disinfektan secara masif pada pagi harinya, Plt. Bupati Muara Enim, H. Juarsah, S.H untuk kesekian kalinya menggelar rapat khusus bersama jajarannya membahas kesiapan penanganan wabah Covid-19 di Kabupaten Muara Enim. Pembahasan rapat kali ini difokuskan pada mengantisipasi dampak terburuk (ekstrim) yang mungkin saja sewaktu-waktu dapat terjadi.

Berdasarkan hasil laporan dari masing-masing kepala organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, secara umum persiapan dan langkah-langkah strategis yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Muara Enim telah berjalan dengan baik, namun tentu saja masih terdapat hal-hal yang dimatangkan lagi. Untuk ketersediaan cadangan pangan, seperti beras, gula dan minyak goreng, Disperindag memastikan cukup tersedia sampai 3 bulan ke depan. Begitupula dengan harga yang masih terbilang normal. Skenario dapur umum darurat-pun sudah dipersiapkan oleh Dinas Sosial dan BPBD, baik dengan tenda maupun mobil dapur umum.

Dari Dinkes juga melaporkan stok ketersediaan masker, cairan pembersih tangan, alat pelindung diri (APD) dan vitamin masih ada untuk 1 bulan, namun tentu saja masih belum mencukupi dalam kebutuhan yang besar. Kepala Dinkes menyampaikan telah mengupayakan mencari kekurangan tersebut. Rumah sakit, Puskesmas maupun rumah sakit darurat di Islamic Center juga telah siaga. Dinas Tanaman Pangan, Hortikuktura & Peternakan juga menjamin ketersediaan bahan pangan pengganti beras, seperti jagung dan kentang yang cukup. Tak ketinggalan Bulog-pun menjamin ketersediaan beras, gula dan minyak sayur masih mencukupi jika sewaktu-waktu dampak buruk terjadi.

Sekda Muara Enim juga menyampaikan gugus tugas dari tingkat desa, kecamatan hingga di kabupaten telah dibentuk dan terus berkoordinasi. Sesuai dengan arahan Mendagri dalam Surat Edaran Mendagri Nomor 440/2622/SJ tentang Pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di daerah yang baru diterima hari ini, maka besok (01/03) akan diumumkan kembali susunan Gugus Tugas Kabupaten Muara Enim yang baru dengan ketua dijabat langsung oleh Plt. Bupati Muara Enim.

Wakil Ketua DPRD Muara Enim, Nino Adrian, S.E mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas langkah-langkah strategis Pemkab. Muara Enim yang dinilainya sangat tanggap dan telah tersusun dengan baik. Sementara itu Kapolres dan Dandim 0404 Muara Enim memastikan keamanan wilayah maupun ketertiban masyarakat terjaga dengan aman. Begipula dengan Kajari yang siap melakukan pendampingan hukum terhadap refocusing anggaran yang digunakan Pemkab. Muara Enim dalam situasi darurat bencana wabah Covid-19 ini.

Author

Humpro Muara Enim
Profil Humpro Muara Enim

Humpro Muara Enim Adalah Portal Web Hubungan Masyarakat Dan Protokol Kabupaten Muara Enim yang bertujuan menyajikan informasi berita seputar Pemerintahan Kabupaten Muara Enim 

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top