Muaraenim Targetkan Peningkatan Nilai SAKIP 2019
0 Komentar 36 pembaca
Sekretaris Daerah Kabupaten Muaraenim, Ir. H. Hasanudin, MSi mengikuti kegiatan dalam rangka evaluasi atas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Republik Indonesia di Hotel Amaroosa, Jakarta. Senin (2/12/2019).

Muaraenim Targetkan Peningkatan Nilai SAKIP 2019

Nasional

Jakarta, https://www.humaspro.muaraenimkab.go.id -- Sekretaris Daerah Kabupaten Muaraenim, Ir. H. Hasanudin, MSi mengikuti kegiatan dalam rangka evaluasi atas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Republik Indonesia di Hotel Amaroosa, Jakarta. Senin (2/12/2019).

Pemerintah Kabupaten Muaraenim menargetkan mampu meraih peningkatan akuntabilitas kinerja pada evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2019 yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Republik Indonesia.

Tim Pemkab Muaraenim yang dikomandoi Sekretaris Daerah, Ir. H. Hasanuddin, M.Si memaparkan manajemen kinerja dihadapan Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kemenpan-RB, Ronald Andrea Annas, AK.

Pada evaluasi ini terdapat 10 kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan 1 camat yang diberikan kesempatan memaparkan manajemen kinerja pada unit kerja yang dipimpinnya, yaitu Dinas Kesehatan, Inspektorat, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Dinas Lingkungan Hidup, Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah, terakhir yaitu Kecamatan Ujan Mas.

Secara umum Kemenpan-RB menilai SAKIP Pemerintah Kabupaten Muaraenim sudah baik, bahkan jika dibandingkan dengan evaluasi dari tahun sebelumnya terdapat beberapa progres yang signifikan.

Dalam kesempatan ini, Sekda berharap terjadi peningkatan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah yang diraih oleh Pemkab Muaraenim, sehingga menjadi indikator peningkatan mutu dan kinerja dari pemerintah daerah.

Sementara itu Plt. Asisten III Bidang Administrasi Umum, Anthoni Zulkarnain, SE merasa evaluasi SAKIP Pemkab Muaraenim sudah disajikan secara baik dan semoga mendapatkan hasil yang lebih baik di tahun ini.

"Melihat dari hasil paparan yang diberikan mudah-mudahan kita dapat meningkatkan akuntabilitas kinerja yang lebih baik. Sudah 2 tahun Muaraenim meraih nilai BB, yaitu 2017 dengan poin 70,01 kemudian 2018 meningkat menjadi 75,07. Kali ini semoga kita mampu meraih poin lebih dari itu.
Namun tentunya kita akan menunggu dan patuh terhadap hasil penilaian Kemenpan-RB nantinya, "Harapnya.

SAKIP ini tak lain merupakan implementasi dari Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 dan Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 12 Tahun 2015 tentang Pedoman Evaluasi atas Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah yang memacu seluruh instansi pemerintah untuk meningkatkan kualitas kinerja sedari dini, mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga kepada hasil (ouput) dan pelaporannya. Semua kegiatan dilakukan secara terukur berdasarkan indikator yang jelas, akuntabel dan bernilai guna.

Author

Humpro Muara Enim
Profil Humpro Muara Enim

Humpro Muara Enim Adalah Portal Web Hubungan Masyarakat Dan Protokol Kabupaten Muara Enim yang bertujuan menyajikan informasi berita seputar Pemerintahan Kabupaten Muara Enim 

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top