Rapat Pembahasan Surat Pinjam Pakai Lahan Antara Bupati Muaraenim dengan PT. Bukit Asam, Tbk.
0 Komentar 115 pembaca
Plt. Bupati Muaraenim, H. Juarsah, SH didampingi Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Amrullah Jamaluddin, SE, Rapat Pembahasan Surat Pinjam Pakai Lahan Antara Bupati Muaraenim dengan PT. Bukit Asam, Tbk. Dalam Rangka Pengembangan TPA Bukit Kancil, bertempat di Ruang Rapat Pangripta Sriwijaya Bappeda Muaraenim, Selasa (1/10/2019).

Rapat Pembahasan Surat Pinjam Pakai Lahan Antara Bupati Muaraenim dengan PT. Bukit Asam, Tbk.

Hukum

Muaraenim, https://www.humaspro.muaraenimkab.go.id-- Plt. Bupati Muaraenim, H. Juarsah, SH didampingi Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Amrullah Jamaluddin, SE, Rapat Pembahasan Surat Pinjam Pakai Lahan Antara Bupati Muaraenim dengan PT. Bukit Asam, Tbk. Dalam Rangka Pengembangan TPA Bukit Kancil, bertempat di Ruang Rapat Pangripta Sriwijaya Bappeda Muaraenim, Selasa (1/10/2019).

TPA atau Tempat Pemrosesan Akhir Sampah adalah tempat untuk memproses dan mengembalikan sampah ke media lingkungan. Dalam Manajemen Pengelolaan Sampah TPA berada di akhir proses setelah proses pemilahan, pemanfaatan sampah, pewadahan, dan pengangkutan sampah.

Keberadaan TPA adalah bentuk pelayanan bidang persampahan terhadap masyarakat sebagaimana tertuang dalam Undang-undang 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.

TPA Bukit Kancil yang berlokasi di Kelurahan Air Lintang mulai dioperasikan Tahun 2012. TPA dengan luas ± 10,5 hektar semula hanya mengolah sampah dari Kota Muaraenim.

Plt. Bupati Muaraenim mengatakan sejak tahun 2017 TPA Bukit Kendi tidak dioperasikan lagi dalam pengelolaan Sampah Kota Tanjung Enim Kecamatan Lawang Kidul dan sekarang dikelola TPA Bukit Kancil. Beban sampah yang diolah mencapai ± 60 ton/ hari, dengan beban sampah demikian diperkirakan umur pakai tpa ini hanya akan bertahan ± 6 bulan ke depan.

Pembahasan mengenai Perluasan TPA Bukit Kancil sudah dilakukan bersama antara Dinas Lingkungan Hidup sebagai dan Perwakilan Manajemen PTBA, menurut laporan yang kami terima, sudah ada kesepahaman untuk melanjutkan pembicaraan perluasan lahan tpa dimaksud dengan memanfaatkan lahan yang berada dalam Izin Usaha Pertambangan Milik Pt Bukit Asam yang berbatasan dengan Lahan TPA Bukit Kancil.

"Untuk itulah kita berkumpul hari ini, bersama-sama mencurahkan gagasan dan pemikiran terutama dalam menuntaskan bentuk perjanjian kerja sama ini sehingga hak, kewajiban dan peran kedua pihak dalam hal ini Pemerintah Kabupaten dan Manajemen PTBA dapat tertuang dengan baik dan porposional sehingga di kemudian hari tidak timbul kendala yang dapat mengganggu kelancaran tugas dan fungsi masing-masing pihak, "Ucapnya.

Author

Humpro Muara Enim
Profil Humpro Muara Enim

Humpro Muara Enim Adalah Portal Web Hubungan Masyarakat Dan Protokol Kabupaten Muara Enim yang bertujuan menyajikan informasi berita seputar Pemerintahan Kabupaten Muara Enim 

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top