Panen Raya dan Tanam Perdana IP200, pada Lahan Kegiatan Serasi Seluas ±Ha
0 Komentar 55 pembaca
Pemerintah Kabupaten Muaraenim gelar acara Panen Raya dan Tanam Perdana IP200, pada Lahan Kegiatan Serasi Seluas ±Ha, bertempat di Desa Arisan Musi Timur, Rabu (18/9/2019).

Panen Raya dan Tanam Perdana IP200, pada Lahan Kegiatan Serasi Seluas ±Ha

Nasional

Muaraenim, https://www.humaspro.muaraenimkab.go.id-- Pemerintah Kabupaten Muaraenim gelar acara Panen Raya dan Tanam Perdana IP200, pada Lahan Kegiatan Serasi Seluas ±Ha, bertempat di Desa Arisan Musi Timur, Rabu (18/9/2019).

Turut hadir Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru, Plt. Bupati Muaraenim, H. Juarsah, SH, Kapolda Sumsel, Irjenpol Firli Dahuri dan Kasdam II Sriwijaya Syafrial, Kapolres Muaraenim, Afner Juwono, Sekretaris Daerah Kabupaten Muaraenim, Ir. H. Hasanudin, MSi, Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Muaraenim.

Dalam sambutannya Plt Bupati Muaraenim H Juarsah SH mengatakan pada Tahun 2018, produksi padi Kabupaten Muaraenim sebesar, 173.900,07 ton gabah kering panen, dengan luas panen seluas 38,406 hektar dan produktivitas padi sebesar 45,28 kwintal/ hektar,dan pada Tahun 2019 target produksi padi Kabupaten Muaraenim sebesar 186.061 ton gabah kering panen, dengan sasaran luas panen 39.577 hektar dan produktivitas rata-rata 47,01 kwintal/hektar.

"Saya mengajak kepada seluruh petani untuk meningkatkan luas tanam dan produktivitas padi di Tahun 2019 ini. Sehingga diharapkan target produksi padi Kabupaten Muaraenim akan dapat tercapai, "Katanya.

Adapun Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan produksi ini lanjut Juarsyah,diantaranya peningkatkan indeks pertanaman (IP) dari semula 100 menjadi IP 200, Intensifikasi pertanian dan ekstensifikasi pertanian dan penggunaan benih padi unggul inbrida seluas 4 ribu hektar.

Pada Tahun 2019, Pemkab Muaraenim melalui dana APBN melaksanakan, pengembangan padi rawa melalui kegiatan SERASI (Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani) seluas 2 ribu hektar di Kecamatan Muara Belida dan Sungai Rotan,sedangkan untuk program melalui dana APBD Muaraenim, pembangunan jalan usaha tani, rehab jaringan irigasi, dan pengadaan alat mesin pertanian,dan semua program pembangunan pertanian tersebut adalah upaya peningkatan kesejahteraan dan pendapatan petani Kabupaten Muaraenim.

"Saya bangga dengan masyarakat Desa Arisan Musi Timur dan sekitarnya terutama Gabungan Kelompok Tani Usaha Jaya yang sudah berperan aktif menjadi motivator dan pro aktif dalam memajukan pertanian,"Ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel, H Herman Deru pada kesempatan ini juga mengatakan bahwa,Sumsel adalah lumbung pangan nasional harus tetap dipertahankan. Pada tahun 2017 lalu, kata Deru, Sumsel turun ke ranking 8 secara produksi nasional. Saat ini, Sumsel ranking 5 secara nasional setelah jawa barat, jawa tengah dan jawa timur serta Sulawesi Selatan.

"Saya bertekad tahun depan, kita rebut ranking 3 nasional dan berikutnya kita harus menjadi lumbung pangan nomor satu di Indonesia,"Pungkasnya.

Author

Humpro Muara Enim
Profil Humpro Muara Enim

Humpro Muara Enim Adalah Portal Web Hubungan Masyarakat Dan Protokol Kabupaten Muara Enim yang bertujuan menyajikan informasi berita seputar Pemerintahan Kabupaten Muara Enim 

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top