Bupati Muaraenim Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila
0 Komentar 118 pembaca
Bupati Muaraenim, Ir. H. Ahmad Yani, MM bertindak sebagai Inspektur Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945, bertempat di Halaman Kantor Pemerintah kabupaten Muaraenim, Sabtu (1/6/2019).

Bupati Muaraenim Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

Nasional

Muaraenim, https://www.humaspro.muaraenimkab.go.id -- Bupati Muaraenim, Ir. H. Ahmad Yani, MM bertindak sebagai Inspektur Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945, bertempat di Halaman Kantor Pemerintah kabupaten Muaraenim, Sabtu (1/6/2019).

Dihadiri oleh Wakil Bupati Muaraenim, H. Juarsah, SH, Sekretaris Daerah Kabupaten Muaraenim, Ir. H. Hasanudin, MSi, Asisten Lingkup Pemkab Muaraenim, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Lingkup Pemkab Muaraenim.

Peserta upacara terdiri dari Personil TNI&POLRI, ASN Lingkup Pemkab Muaraenim, Pelajar SMA & Mahasiswa yang ada di Kabupaten Muaraenim.

Bupati Muaraenim dalam kesempatannya membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) pada peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2019 mengatakan Pada hari ini, Sabtu 1 Juni 2019 kita patut panjatkan puji syukur kepada Tuhan YME, karena kita dapat berkumpul dan mengadakan upacara untuk memperingati hari kelahiran Pancasila.

Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik INdonesia. Sebagaimana yang sudah kita ketahui semua bahwa kondisi geografis yang memposisikan wilayah Indonesia sebagai Negara kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan "tanah air Indonesia".

"Pesan Presiden Jokowi bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan. Pertama kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa indonesia sebagai dasar negara sehingga bangsa nusantara yang beragama dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa.

Sebagai bangsa besar kita tidak akan meninggalkan sejarah, apa yang oleh Bung Karno pernah disebut "JAS MERAH". Untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara itulah kita memperingati hari kelahiran Pancasila sebagai salah satu kebanggan nasional (naitonal pride),"Katanya.

Untuk itu diperlukan kesadaran dan pemahaman untuk saling menghormati, saling bekerjasama, bergotong royong dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Kondisi demikian dapat berkembang melalui budaya politik kewargaan yang demokratis. Budaya politik yang menimbulkan ketakutan. Kita Indonesia, Kita Pancasila adalah sosok yang percaya diri, optimis dan penuh harapan dalam menatap masa dengan sebagai bangsa yang maju, adil dan makmur. 

"Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi "politik harapan" dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar Negara, Ideologi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa utuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, kita pancasila,"Pungkasnya.

Author

Humpro Muara Enim
Profil Humpro Muara Enim

Humpro Muara Enim Adalah Portal Web Hubungan Masyarakat Dan Protokol Kabupaten Muara Enim yang bertujuan menyajikan informasi berita seputar Pemerintahan Kabupaten Muara Enim 

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top