Baznas Muaraenim Salurkan Rp 1,5 Miliar Zakat Untuk Fakir Miskin
0 Komentar 143 pembaca
Wakil Bupati Muaraenim Hadiri Penyaluran zakat oleh Baznas Muaraenim, bertempat di Masjid Islamic Center, Kamis (23/5/2019).

Baznas Muaraenim Salurkan Rp 1,5 Miliar Zakat Untuk Fakir Miskin

Dunia Islam

Muaraenim, https://www.humaspro.muaraenimkab.go.id – Wakil Bupati Muaraenim Hadiri Penyaluran zakat oleh Baznas Muaraenim, bertempat di Masjid Islamic Center, Kamis (23/5/2019).

Zakat merupakan salah satu rukun Islam dan menjadi salah satu unsur pokok bagi penegakan syariat Islam. Oleh sebab itu, hukum menunaikan zakat adalah wajib bagi setiap muslim dan muslimah yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu.        

Ketua Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Muaraenim H Syachril SH, M.Si, M.Hi, mengatakan bahwa tugas dan fungsi pimpinan BAZNAS yang diatur dalam UU nomor 23 tahun 2011 dan PP nomor 14 tahun 2014 tentunya harus efektif dan produktif. Selain itu BAZNAS dalam mengelola dana Zakat Infaq dan Shadaqah harus professional, amanah, transparan dan dapat dipertanggung jawabkan di hadapan Allah SWT.

Pengelolaan dana zakat baik dari sisi pengumpulan maupun pendistribusian ini bertujuan untuk membantu warga yang tergolong lemah dari sisi ekonomi dengan berbagi paket beras dan uang bagi mereka yang tidak mampu.

Selain itu, BAZNAS juga telah melaksanakan program pemberdayaan usaha dengan memberikan modal sehingga dapat membantu mereka untuk memperbaiki tarap hidup mereka yang semula sebagai mustahik bisa menjadi muzaki. Bahkan pada tahun ini juga BAZNAS juga telah turut membantu pemerintah daerah dalam bidang pengentasan kemiskinan dengan melaksanakan bedah rumah sebanyak 25 unit yang bersumber dari dana zakat prajurit YONIF 141 AYJP.

Dalam penyampaian Syachril mengatakan, selain itu pihak Baznas juga telah menyebar 1000 paket sembako yang disalurkan di seluruh Kecamatan bersamaan program safari ramadhan Pemkab Muaraenim

“Penyaluran zakat berupa paket sembako guna meringankan beban masyrakat dibulan ramadhan hingga menjelang lebaran, sepanjang tahun ini Baznas Kabupaten Muaraenim telah menyalurkan zakat kepada fakir miskin senilai Rp1,5 miliar,”Katanya

“Saya dan seluruh keluarga besar BAZNAS mengucapkan terimakasih atas dukungan pemerintah daerah dan juga mendoakan kepada seluruh PNS yang telah menunaikan zakat, infaq dan shadaqah maupun bagi yang belum, semoga Allah memberikan keberkahan hidupnya dan keberkahan rezekinya,”Pungkasnya.

Sementara Wabup Muaraenim menyatakan Baznas sebagai salah satu lembaga sah dan resmi penyaluran zakat di Kabupaten Muaraenim telah membantu meringankan beban masyarakat miskin melalui program sosialnya.

“Lanjutnya, Baznas sangat mendukung Pemerintah dalam upaya menurunkan angka kemiskinan, terlebih lagi saat ini Pemkab Muaraenim berupaya keras menurunkan angka kemiskinan dari 2 digit jadi 1 digit atau dibawah 10 persen, mudah-mudahan dengan semakin banyaknya penghimpunan dan penyaluran zakat, bisa meningkatkan kesejahteraan serta mengurangi beban masyarakat miskin," Pungkasnya.

Author

Humpro Muara Enim
Profil Humpro Muara Enim

Humpro Muara Enim Adalah Portal Web Hubungan Masyarakat Dan Protokol Kabupaten Muara Enim yang bertujuan menyajikan informasi berita seputar Pemerintahan Kabupaten Muara Enim 

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top