Sekda : Literasi Sangat Diperlukan Untuk Membangun Karakter Anak
0 Komentar 134 pembaca
ekretaris Daerah Kabupaten Muaraenim Ir. H. Hasanudin, M.Si Menghadiri SUMSEL Membaca 2019 di Kabupaten dan Kota Se-Semsul, bertempat di GOR Pancasila Kabupaten Muaraenim, Selasa (12/2/2019).

Sekda : Literasi Sangat Diperlukan Untuk Membangun Karakter Anak

Pendidikan

Muaraenim, https://www.humaspro.muaraenimkab.go.id -- Sekretaris Daerah Kabupaten Muaraenim Ir. H. Hasanudin, M.Si Menghadiri SUMSEL Membaca 2019 di Kabupaten dan Kota Se-Semsul, bertempat di GOR Pancasila Kabupaten Muaraenim, Selasa (12/2/2019).

Dalam berbagai aspek pengertian literasi adalah seperangkat kemampuan dan keterampilan  individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam sambutannya Sekda Muaraenim mengatakan literasi sangat penting untuk perkembangan karakter anak, dengan minta anak untuk gemar membaca, menulis, menjadikan mereka seorang yang kaya dengan informasi, kita tahu bahwa, informasi yang masuk banyak sekali kuta dapat dari internet, perkembangan zaman tidak memungkirkan untuk anak kita larut dalam Teknologi Informasi (TI) untuk itu perlu pendampingan orang tua supaya, anak-anak bisa mengerti dan tahu yang mana berita atau informasi yang sesuai untuk anak, atau pun yang bagus buat anak pelajari.

"Lanjut Sekda, kelak anak-anak inilah yang akan menggantikan pak gubernur, dan menggantikan para pejabat sekalian, saya minta kepada anak-anak sekalian untuk biasakan membaca dan menulis,"Katanya.

Untuk gerakan literatur yang diadakan saat ini, harapan kedepan anak sekalian dapat tumbuh kembang minat baca dan menulis. Mari manfaatkan fasilitas di sekolah, belajar memanfaatkan teknologi informasi, manfaatkanlah TI untuk proses belajar mengajar, saya hargai setingginya untuk Pemprov sumsel, Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Pemprov Sumsel  Prof Eduar Juliartha, Serta Duta Literasi Provinsi Sumsel Hj. Percha Leanpuri, B.Bus, MBA, dan khususnya Dinas Perpustakaan Provinsi SUMSEL.

"Saya atas nama Pemkab Muaraenim mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya acara Sumsel Membaca yang di adakan di Kabupaten Muaraenim, dan di hadiri oleh Kabupaten/Kota Se-Sumsel,"Ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Asisten III Pemprov Sumsel mengatakan, mengingatkan persoalan literasi bukanlah persoalan yang sederhana, saya menyampaikan informasi bahwa, saat ini akses di dunia maya sangat luas, perkembangan zaman sangat pesat, indikator yang menjadikan orang maju, apakah punya nomor hp, ataukah email, sehingga sangat di kwatirkan penggalian informasi yang tidak benar, sehingga sangat memperhatikan, untuk mengingatkan yang mana literasi ini tanpa buku tanpa literasi anda akan tersesat di lembah belantara yang luas.

"Selain itu musuh utama yang mengancam bangsa kita adalah pertama adalah narkoba, dan yang kedua adalah informasi yang bohong. Terutama masalah narkoba, itu sangatlah rawan, saya yakin anak muda di Kabupaten Muaraenim bersih dari Narkoba,"Katanya.

Terakhir Sambutan Duta literasi, yang mengatakan selempangan ini bukan untuk selfi atau di pamerkan, tapi ada tanggung jawab di sana, masih banyak yang belum mengerti apa itu literasi, banyak sekali jenisnya, perlu kita ketahui bersama ada 3 jenis literasi antara lain, literasi media, literasi politik,serta literasi visual. untuk literasi media menyangkut jangkawan yang luas misalkan akses Internet yang sekarang bisa sangat mudah kita dapatkan informasi, tapi juga kita harus berhati hati jangan sampai berita yang kita tangkap dan cerna itu berita hoax (bohong), literasi politik erat kaitannya dengan kampanye dan era di tahun 2019 merupakan fenomena yang baru karena pilpres, pileg di lakukan serentak, literasi visual ada sangkutan dengan melihat dan mendengar, nonton, melalui media Aplikasi YouTube, akan tetapi harus kita pilih yang mana yang bermanfaat. 

"Karena kualitas diri seseorang bukan di ukur dari usia, melainkan kecerdasan, iman, dan perilaku kita. Saya yakin adik-adik saat ini mempunyai cita-citanya masing-masing. Saya seneng dan bahagia adik-adik memiliki cita-cita, dan  melalui cita-cita ini kelak akan menjadi Seorang yang bisa berguna bagi bangsa dan negara. Manfaatkan waktu sebaik baiknya, Lulus dari pendidikan bukan akhir dari perjalanan kita, justru ini awal perjuangan pada saat ini."Tuturnya. (humaspro)

 

Author

Humpro Muara Enim
Profil Humpro Muara Enim

Humpro Muara Enim Adalah Portal Web Hubungan Masyarakat Dan Protokol Kabupaten Muara Enim yang bertujuan menyajikan informasi berita seputar Pemerintahan Kabupaten Muara Enim 

Iklan Tengah Detail Berita 665x140px

Berita Terkait

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh

Komentar Facebook

Back to Top